Dilatih Sajikan untuk Wisatawan oleh Remaja Cantik Desa Patikalain - WWW.CAKUPAN.COM
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dilatih Sajikan untuk Wisatawan oleh Remaja Cantik Desa Patikalain

www.cakupan.com

 Remaja di Papagaran Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Hulu Sungai Tengahmenunjukkan cara penyajian menu, setelah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Riza Pahlifi dan kawan-kawan, relawan yang melakukan pembinaan pengembangan pariwisata di desa setempat.


Kuliner Kalsel, mendukung sebagai kawasan ekowisata, warga Dusun Papagaran Desa Patikalain, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah diberi pelatihan menyajikan kuliner khas mereka.

Para remaja dan ibu-ibupun memasak kuliner khas meratus.

Seperti ayam bakar ala Papagaran, lauk iwak bapalan (ikan yang dimasak dalam buluh bambu) ubi bapalan yang dimasak secara alami.

“Kami melatih cara menyajikannya agar lebih menarik dan bagaimana proses memasak agar pengolahannya lebih higienis walapupun secata tradisional. Sedangkan bumbu-bumbunya, tetap original resep mereka,”ungkap Reza Pahlefi, pembina warga desa setempat. Reza dan teman-teman menyatakan serius ingin membina warga, agar mereka bisa mengembangkan sektor wisata, dengan tidak merusak alam.


Diharapkan, jika infrastruktur di kawasan Titian Musang sudah terbangun, khususnya café mini, mereka nantinya bisa menjual kuliner khas tersebut kepada wisatawan sebagai kuliner tradisional yang khas.

Untuk itu, ungkap Reza, pihaknya pun mendatangkan ahli masak dari Banjarmasin. “Alhamdulillah warga sangat antusias mengikuti pelatihan menyajikan masalah ini,”katanya.

Mereka juga diajarkan membuat kreasi menu. Seperti masakan jengkol. Disebutkan, papagaran salah satu penghasil buah jengkol.Namun, sayang warga setempat hanya bisa mengalah dengan cara merebus dan dimakan dengan lala.

“Umtuk kami juga ajarkan kepada mereka bahwa jengkol bisa dimasak dengan cara lain, dengan bumbu kreasi,”kata Reza.

Madin, warga Papagaran yang juga pemilik lahan di puncak papagaran mengatakan, senang adanya pembinaan wisata di desa mereka.

Menurut Madin, Papagaran punya banyak potensi yang bisa diolah. Seperti madu kalulut dan madu hutan yang berlimpah saat musim panen. Buah jengkol, serta buah durian dan pampakin, jika sedang musim juga berlimpah.

“Kami berharap, jika desa kami berhasil jadi kawasan wisata, makin mudah memasarkan hasil bumi dan buah-buahan nantinya,”kata Madin. #source

Posting Komentar untuk "Dilatih Sajikan untuk Wisatawan oleh Remaja Cantik Desa Patikalain"